Mendirikan shalat kepada Allah lebih penting dibandingkan himbauan Nabi Muhammad saw

By Dana Anwari. Shalat itu penting. Shalat itu salah satu cara paling sempurna mengingat Allah.Tiada waktu tanpa mengingat Allah. Pun di saat siang hari, di kala kita sedang sibuk bekerja. Kita tak boleh lupa menunaikan kewajiban mendirikan shalat. Karena, seperti diungkap dalam Al Quran surat Ar Ruum ayat 17-18: Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh,Dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Zuhur.

Hadis Rasulullah saw. yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim (1028) menyiratkan bahwa shalat kepada Allah swt. lebih penting dari apa pun.

Bahkan saran Nabi Muhammad saw. kepada pengikutnya agar waktu mendirikan shalatnya diundurkan dan kemudian dilanggar oleh umatnya, ketika Perang Ahzab, Nabiku tidak marah. Dari situ terlukiskan dengan indahnya: betapa kepentingan manusia untuk shalat kepada Allah swt. adalah kepentingan yang paling utama, dan siapa pun tidak berhak memarahinya apalagi melarangnya.
Simaklah sebagaimana hadis yang disampaikan Abdullah bin Umar : Ketika selesai perang Ahzab, Rasulullah saw. berseru kepada kami: “Tidak ada seorang pun yang Shalat Zuhur kecuali di daerah Bani Quraidhah!”
Orang-orang yang khawatir tertinggal waktu shalat, mereka segera shalat sebelum tiba di daerah Bani Quraidhah. Tetapi yang lain mengatakan: “Kami tidak akan melakukan shalat kecuali di tempat yang telah diperintahkan oleh Rasulullah saw. walaupun waktu shalat berlalu.”
Ternyata, Rasulullah saw. tidak menyalahkan keduanya.
shalatdoasempurna.blogspot.com
***

1 comment:

sigit said...

salam kenal ...

Ibnu Abbas berpendapat bahwa makna yuqimunas sholat adalah (يُقِيمُونَ الصَلَاةَ بِفُرُوضِهَا) mereka mendirikan fardhu-fardhu sholat. Ad Dhahak dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud mendirikan sholat ialah (إِتْمَامُ الرُكُوعِ وَالسُجُودِ وِالتِلَاوَةِ وَالْخُشُوعِ وَالْإِقْبَالِ عَلَيْهَا فِيهَا) Menyempurnakan rukuk, sujud, bacaan al Qur’an, khusyuk dan menghadap sepenuh jiwa dan raganya dalam sholat.

Shalat is Perfect Prayer

SUCCESS LINK