Apa keuntungan jenazah yang dishalati oleh 100 orang atau 40 orang?

By Dana Anwari. Apa manfaatnya bagi orang Islam yang meninggal dunia bila disembahyangi oleh sesama orang Islam?
Menurut Nabi kita, Muhammad saw dalam Kitab Shahih Muslim (899): Dari Aisyah ra., dari Nabi saw., sabdanya, “Tidak satu pun jenazah yang dishalatkan oleh seratus orang kaum muslimin, dan semuanya memohonkan syafaat bagi jenazah itu, melainkan Allah mengabulkan permohonan mereka itu.”

Imam Muslim juga meriwayatkan (900): Dari Abdullah bin Abbas ra., katanya anaknya meninggal di Qudaid atau di Usfan. Lalu dia berkata kepada sahayanya, “Hai Kuraib! Cobalah kamu lihat, sudah banyakkah orang berkumpul untuk menshalatkan jenazah?” Kata Kuraib, “Aku pergi melihat, dan memang orang telah banyak berkumpul untuk menshalatkan jenazah. Lalu kuberitahu kepada Abdullah.”
Tanya Abdullah, “Adakah jumlah mereka empatpuluhan orang?” Jawab Kuraib, “Ada!”
Kata Abdullah, “Keluarkanlah jenazah! Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: ‘Apabila seorang muslim meninggal dunia, lalu jenazahnya dishalatkan oleh empat puluh orang muslim (yang tidak musyrik), maka Allah menerima syafaat mereka terhadap jenazah ini’.”


Apa keuntungannya bagi yang ikut shalat Jenazah?

Keutamaan Shalat Jenasah kubaca dari catatan Imam Bukhari dan Muslim (509): Hadis riwayat Tsauban ra. maula Rasulullah saw.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa menyalati jenazah, maka ia mendapatkan satu qirath. Jika ia menghadiri penguburannya, maka ia mendapatkan dua qirath. Satu qirath sama dengan gunung Uhud.”

Mari kita jadikan diri kita sebagai orang Islam yang mendoakan orang Islam yang telah berpulang lebih dulu menghadap Ya Allah ya Mu’iid, Tuhan kita Yang Maha Mengembalikan.
Semoga bila kita berpulang ke haribaan-Nya kelak, jenazah kita dishalati oleh paling sedikit 40 orang dan mudah-mudahan 100 orang saudara seiman seagama, dan mereka mendoakan kita dalam rahmat persaudaraan Islam. Amin.
shalatdoasempurna.blogspot.com

No comments:

Shalat is Perfect Prayer

SUCCESS LINK