Bisakah terhindar dari perbuatan keji dan mungkar dengan shalat?

by Dana Anwari Bisakah aku bersih dari perbuatan keji dan mungkar? Dengan shalatku, sudah bersihkah diriku? Sudah sucikah aku? Mampukah kuhindari perbuatan keji dan mungkar? Bukankah Tuhanku, Ya Allah ya Syahiid, Allah Yang Maha Menyaksikan, berjanji dalam surat Al Ankabut ayat 45 Al Quran: “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar.”
Bila aku sudah mengerjakan shalat, tapi aku masih saja melakukan perbuatan keji dan mungkar, sudah benarkah shalatku?
Jangan-jangan aku shalat tetapi sebenarnya tidak shalat. Aku shalat sekadar ingin meraih pamrih orang-orang: agar diakui dalam status sosial sebagai orang yang alim dan orang yang taqwa. Tapi sesungguhnya, di luar ibadah shalat, aku masih saja mengerjakan yang keji dan mungkar, yang menunjukkan aku termasuk sebagai orang-orang yang tidak alim dan tidak bertaqwa.
Bisakah kuhindari perbuatan keji dan mungkar?

Padahal aku ini manusia biasa yang terus berusaha mencegah diri dari perbuatan salah dan meminimalkan dosa tapi sulit mencegah khilaf yang kadang merasuki jiwa, mengotorkan hati, mengeruhkan pikiran, dan membuat aib tingkah laku.
Ternyata Tuhanku, Ya Allah ya Hakiim, sungguh Tuhan Yang Maha Bijaksana, Dia memahami kegundahanku itu. Dan kurasakan kebijaksanaan-Nya itu kala kupahami surat An Nur ayat 21 Al Quran: “Sekiranya tidaklah karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorang pun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (shalatdoasempurna.blogspot.com)

No comments:

Shalat is Perfect Prayer

SUCCESS LINK