ReadTheQuran

Cara sujud Nabi saw tidak seperti anjing yang menjulurkan kedua lengannya

By Dana Anwari. Mengapa masih kita lihat orang yang sujud dengan kedua lengan tangannya menempel ke bumi? Mudah-mudahan teman muslim kita itu juga punya dalilnya –dan mau berbagi sumber dalil itu-- yang bersumber dari hadis Nabi Muhammad saw.
Padahal kata Nabi Muhammad saw, bersujud dengan melunjurkan kedua lengan tangan tampak seperti anjing yang melunjurkan kaki depannya. Simaklah hadis yang disampaikan Anas dan diriwayatkan Bukhari dan Muslim (255): Rasulullah saw. bersabda: “Luruslah kalian dalam sujud dan janganlah seorang kalian melunjurkan kedua lengannya seperti anjing melunjurkan kaki depannya.”

Ada yang berpendapat bahwa dengan merapatkan lengan ke bumi saat sujud agar semut pun tidak melewati orang yang sedang sujud. Sepengetahuan saya, saya belum menemukan hadis Nabi Muhammad saw yang membahas seperti itu. Seharusnya kita melakukan shalat sebagaimana Nabi Muhammad saw telah contohkan. Menurut hemat saya, yang namanya bersyahadat, shalat, puasa, zakat, ibadah haji tidak bisa dikreasikan selain yang telah dicontohkan Rasulullah saw, teladan kita yang mengajarkan Islam sebagai agama tauhid yang sempurna.
shalatdoasempurna.blogspot.com
***

No comments:

SUCCESS LINK

Islam - Selections from Encyclopaedia Britannica