Nabi saw duduk di antara dua sujud dengan menduduki kedua tumitnya atau menduduki kedua telapak kakinya

By Dana Anwari. Ingatkah kita apa yang dikatakan Nabi kita Muhammad saw? Apa yang beliau katakan dan lakukan, maka turutilah. Apa yang beliau tidak katakan dan tidak beliau lakukan, maka jangan pula kita lakukan. Begitu juga soal cara duduk di antara dua sujud beliau.

Nabi kita, Nabi Muhammad saw. pernah duduk di antara dua sujud dengan menduduki kedua tumit kakinya. Benarkah itu? Jawabannya, bacalah riwayat hadisnya dalam Kitab Shahih Muslim.
Ada yang mengatakan cara duduk itu janggal. Tapi ada yang mengatakan bahwa itulah gerakan yang juga Nabi Muhammad saw lakukan di kala shalat.
Sebagaimana diriwayatkan dalam Kitab Shahih Muslim (491): Dari Thawus, katanya, “Kami bertanya kepada Ibnu Abbas mengenai hukum duduk di atas kedua tumit. Jawab Ibnu Abbas: ‘Hukumnya sunat.” Kata kami: ‘Kami lihat janggal orang duduk seperti itu.’ Jawab Ibnu Abbas: ‘Tetapi, begitulah sunnah Nabi saw’.”

Nabi kita, Nabi Muhammad saw. pernah duduk di antara dua sujud dengan menduduki kedua telapak kakinya. Benarkah itu? Jawabannya, bacalah riwayat hadisnya dalam Kitab Shahih Sunan Abu Daud
Dalam satu riwayat di Kitab Shahih Sunan Abu Daud (845) diriwayatkan juga dari Thawus, dia berkata, “Kami bertanya kepada Ibnu Abbas tentang duduk bersimpuh di atas kedua telapak kaki di antara sujud, maka beliau menjawab: ‘Itu adalah sunnah.’
Kata Thawus: ‘Kami berkata, ‘Sesungguhnya kami melihatnya kurang sopan bila dilakukan’.’ Lalu Ibnu Abbas berkata: ‘Itu adalah sunnah Nabiku saw.”

shalatdoasempurna.blogspot.com
***

No comments:

Shalat is Perfect Prayer

SUCCESS LINK