Benarkah 2 rakaat Shalat Dhuha bernilai pahala bersedekah?

By Dana Anwari. Shalat Dhuha, Shalat Sunah di permulaan siang. Orang yang mendirikannya empat rakaat, maka kebutuhannya akan dicukupi Allah.
Shalat Sunah Dhuha yang didirikan sebanyak dua rakaat, menurut Nabiku, ibarat kita sedang bersedekah. Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dalam Kitab Shahihnya bab Shalat Sunah Dhuha (687): Dari Abu Dzar, Nabi saw. bersabda: “Setiap orang mempunyai sumber sedekah. Setiap tasbih (ucapan Subhaanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan Laa Ilaaha Illallaah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh untuk berbuat baik pun juga sedekah, dan mencegah kemungkaran juga sedekah. Semua itu sama nilainya dengan dua rakaat Shalat Dhuha.”

Diriwayatkan pula dalam Kitab Shahih Sunan Abu Daud (1286): Dari Abul Aswad Ad-Duali, dia berkata, “Ketika kami berada di samping Abu Dzar, dia berkata, ‘Hendaklah masing-masing kamu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulangnya. Setiap shalat menjadi sedekah baginya, puasa sedekah baginya, haji sedekah baginya, tasbih sedekah baginya, takbir sedekah baginya, dan tahmid sedekah baginya.’ Rasulullah saw. menghitung semua amal saleh ini, lalu bersabda, “Untuk semuanya itu, seseorang dari kamu cukuplah dengan mengerjakan Shalat Dhuha dua rakaat.”
shalatdoasempurna.blogspot.com

No comments:

Shalat is Perfect Prayer

SUCCESS LINK